KEPALA DINPORA DEMAK LAKUKAN MONITORING POPDA KARESIDENAN 2024

Hallo Sahabat Dinpora…..
SALAM OLAHRAGA!!!!! JAYA!
Pekan Olahraga Daerah (POPDA) merupakan wahana memperoleh pengetahuan, kepribadian, keterampilan, serta kesehatan dan kebugaran, sekaligus juga dapat mengembangkan minat dan bakat di bidang olahraga, di Tahun 2024 ini Demak menjadi Tuan Rumah pelaksanaan POPDA Karesidenan yang dilaksanakan pada tanggal 22 s.d 27 April 2024.
Guna memastikan kelancaran Pelaksanaan POPDA Karesidenan Semarang, Kepala Dinpora Demak Muh.Ridhodhin, SH.,MH melaksanakan Monitoring pada Rabu (24/04/2024) , pada saat Pertandingan Bola Basket masih berlangsung di GOR KALIJAGA Demak pukul 19.00 WIB.
Pelaksanaan Monitoring Kepala Dinas di dampingi oleh Kepala Bidang Pembinaan Olahraga Nurwahyudin, SE, Kepala Dinas meminta Panitia untuk tetap Semangat karena Pelaksanaan POPDA masih akan berlangsung sampai dengan Tanggal 27 April 2024 dan panitia harus menjalankan tugas sesuai aturan yang berlaku dan bagaimana caranya menjadi fasilitator yang baik.

DINPORA DEMAK IKUTI RAPAT RENCANA AKSI DAERAH LAYANAN KEPEMUDAAN PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2024

Hallo Sahabat Muda Dinpora……
PEMUDA………………………..MAJU!!!!!!
Dinpora dalam hal ini Kepala Bidang Kepemudaan dan Kepramukaan Dinpora Demak Drs.Joko Sari menghadiri Kegiatan penguatan Implementasi peraturan Gubernur JawaTengah Nomor 67 Tahun 2023 tentang rencana aksi Daerah pelayanan Kepemudaan Provinsi JawaTengah Tahun 2024 bertempat di Ruang plumpungan Gedung Setda Lantai 4 Jln. Letjen Sukowati Nomor 51,Salatiga pada (23/04/2024).

Kegiatan dibuka oleh kabid kepemudaan Disporapar Provinsi JawaTengah Ibu siti bernadetta dan dilanjutkan penyampaian materi oleh tim ahli penyusunan rencana aksi Daerah pelayanan kepemudaan dari mitra solo bersimboni.

Rencana aksi Daerah pelayanan kepemudaan yang selanjutnya disebut RAD pelayanan kepemudaan adalah rencana aksi Tingkat Daerah yang berisi program serta kegiatan bidang kepemudaan guna mewujudkan sumber daya pemuda yang maju, berkualitas dan berdaya saing, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelayanan dan koordinasi lintas sektor serta petunjuk teknis dalam pelaksanan pelayanan kepemudaan di Daerah.

WAKIL BUPATI DEMAK MEMBUKA SECARA RESMI POPDA KARESIDENAN SEMARANG TAHUN 2024

Wakil Bupati Demak membuka secara Resmi Pelaksanaan POPDA tingkat Karesidenan Semarang Tahun 2024 yang dilaksanakan di GOR Kalijaga Demak Minggu (21/04/2024).

POPDA tahun 2024 ini mempertandingkan 9 cabang olahraga seperti Sepakbola, Sepak Takraw, Voli Indoor, Voli Pasir, Bola Basket, Pencak Silat, Bulu Tangkis, Karate, dan Taekwondo.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Demak Muh.Ridhodhin, SH.,MH dalam laporan menyampaikan, POPDA diikuti oleh 696 peserta atlet dari 9 cabang olahraga diikutI perwakilan se- Karesidenan Semarang yaitu Kabupaten Demak, Kabupaten Grobogan, Kota Salatiga, Kabupaten Kendal, Kota Semarang dan Kabupaten Semarang . Kegiatan POPDA Karesidenan Semarang dilaksanakan tanggal 22 s.d 27 April 2024 dengan jadwal sebagai berikut :
1. Cabor bola voli Indoor 22-23 April 2024 (GOR Kalijaga Demak)
2. Cabor Voli pasir 22-23 April 2034 (Manunggal Jati Semarang)
3. Cabor Karate 22 April 2024 (GOR Mangunjiwan)
4. Cabor Taekwondo 22-23 April 2024 (Polres Lama)
5. Sepak bola 24-25 April 2024 (Stadion Sultan Fattah Demak)
6. Bola Basket 24-25 April 2024 (GOR Kalijaga Demak)
7. Cabor pencak silat 24-25 April 2024 (GOR Mangunjiwan)
8. Cabor Sepak Takraw 26 April 2024 (GOR Kalijaga Demak)
9. Cabor Bulutangkis 27 April 2024 (GOR Kalijaga Demak)

Di akhir laporannya Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Demak menyampaikan kepada Pembina Upacara dalam hal ini Wakil Bupati Demak untuk berkenan membuka acara secara Resmi POPDA Karesidenan Semarang Tahun 2024 di Kabupaten Demak.
Wakil Bupati Demak dalam hal ini membacakan Sambutan Bupati Demak dimana dalam sambutannya beliau mengucapkan selamat datang kepada seluruh kontingen dari Kabupaten/Kota se Karesidenan Semarang yang berkompetisi dalam Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) tingkat Karesidenan Semarang, terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Kabupaten Demak, untuk menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan POPDA kali ini.
POPDA bukanlah sekadar ajang kompetisi saja, namun juga wahana untuk mengembangkan minat dan bakat serta membina karakter generasi muda. Melalui olahraga, kita belajar tentang disiplin, kerja keras, sportivitas, dan kejujuran. Nilai-nilai inilah yang akan membentuk pribadi yang tangguh, berkarakter, dan berintegritas.
Wakil Bupati Demak berharap dengan penyelenggaraan POPDA, dapat memupuk tali persaudaraan dan kebersamaan antar pelajar se Karesidenan Semarang, serta menjadi ajang pembelajaran dan persiapan bagi para atlet untuk naik kelas ke tingkat lebih tinggi, yaitu melaju ke POPDA tingkat Provinsi Jawa Tengah serta Berjuanglah semaksimal mungkin. Kita harus ingat, yang terpenting bukanlah meraih kemenangan, namun bagaimana menghargai proses dan menjaga semangat kebersamaan. Dengan demikian kita semua adalah pemenang.
Akhirnya dengan mengucap ā€¯Bismillahirrohmaanirrohiimā€¯, Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Tingkat Karesidenan Semarang Tahun 2024, saya nyatakan dibuka.
Selamat bertanding dan berkompetisi. Jadikan setiap momen sebagai kesempatan untuk belajar, berkembang, dan menginspirasi satu sama lain.

Dinpora mengadakan Sosialisasi dan Koordinasi Pelaksanaan Belanja Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Kepada Pemerintah Desa Tahun Anggaran 2024

Dinpora mengadakan Sosialisasi dan Koordinasi Pelaksanaan Belanja Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Kepada Pemerintah Desa Tahun Anggaran 2024. (18/04/202).

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Rapat GOR Kalijaga Sport Center Demak ini adalah untuk menyampaikan petunjuk Teknis pelaksanaan BKK dengan berpedoman pada Peraturan Bupati Demak No.89 Tahun 2020.

Pada Tahun 2024 ini Dinpora mendapatkan Dana BKK sebesar Rp. 4.200.000.000, tersebar di 12 Kecamatan yang terdiri dari 21 Desa dengan 27 Pekerjaan secara khusus di bidang pembangunan infrastruktur sarana prasarana Olahraga.

KARANGTARUNA WONOSALAM LAKSANAKAN PERTEMUAN DAN DATANGKAN NARASUMBER DARI DINPORA DEMAK.

Hallo Sahabat Muda Dinpora…..
Pemuda…..MAJU!!
Pemuda itu….AKU!

Karangtaruna Wonosalam melaksanakan Refleksi awal tahun untuk mempersiapkan program kegiatan dan membangun relasi dengan Dinpora di Aula Kecamatan Wonosalam pada Kamis (18/04/2024).

Pemuda memiliki peran dan tanggungjawab dalam upaya melancarkan dan melaksanakan berbagai macam pembangunan secara Nasional maupun Daerah, diantaranya menciptakan dan melaksanakan program kegiatan setiap tahunnya dengan tetap memperhatikan Peran dan Tanggungjawab Pemuda kepada Bangsa Indonesia.

Kegiatan yang dipandegani oleh Ketua Karangtaruna Wonosalam In’am Attaqi Natalegawa ini dibuka oleh Camat Wonosalam Ibu Sri Utami sekaligus menjadi Narasumber dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

Karangtaruna Wonosalam juga mengundang Kepala Dinpora Demak sebagai Narasumber, dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Kepemudaan dan Kepramukaan Dinpora Demak Bapak Drs.Joko Sari.

Antusias peserta sangat luar biasa, ini dapat dilihat dengan adanya dialog Interaktif dari peserta dengan Narasumber.

Semoga Kegiatan ini dapat menjadikan motivasi dan dapat dilaksanakan oleh Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) lainnya yang ada di Kabupaten Demak

DINPORA DEMAK IKUTI PELATIHAN CONTENT CREATOR TINGKAT JAWA TENGAH 2024

Hai sahabat Dinpora…
Pemuda…..Maju!
Olahraga…..Jaya!

Dinpora Demak ikuti pelatihan Kewirausahaan Pemuda Bidang Content Creator tingkat Jawa Tengah yang dilaksanakan selama 3 Hari dari tanggal 17 s.d 19 April 2024 di Hotel Grasia Semarang.

Berjumlah 100 Orang Peserta yang berasal dari Pemuda utusan 35 Kab/kota Se-Jawa Tengah, dimana Dinpora Demak Mengirimkan 3 Pemuda untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan pariwisata Provinsi Jawa Tengah Bpk.Agung Hariyadi, SE.,MM.

Dengan adanya Kegiatan pelatihan ini diharapkan kepada seluruh Peserta bisa menambah ilmu pengetahuan di bidang Content Creator dimana dapat menghasilkan produk yang berkualitas.

Pelatihan ini sangat perlu dilaksanakan sebab Peran seorang content creator sangat dibutuhkan untuk pengembangan bisnis dan usaha di tengah era digitalisasi saat ini.

Dalam pelaksanaan Kegiatan pelatihan Kewirausahaan Pemuda di Bidang Content Creator ini panitia mendatangkan Narasumber dari UDINUS semarang yang berkompeten dibidangnya.

Dinpora Demak melaksanakan Rapat persiapan akhir pelaksanaan POPDA tingkat karesidenan Semarang tahun 2024

Bertempat di aula dinpora Demak, Rabu (17/04/2024).
Pelaksanaan rapat dipimpin oleh Kabid pembina olahraga (Nurwahyudi, SE), didampingi sub koordinator pemberdayaan dan pengembangan olahraga (Lilik Ambarwati, SH., MH)

Berikut beberapa hasil rapat persiapan akhir POPDA tingkat Karesidenan Semarang, meliputi :
1. Pelaksanaan rapat Koordinasi dari masing-masing Pengkab cabor dalam kesiapan Tekhnikal Meeting sebelum pelaksanaan POPDA Karesidenan berlangsung
2.kegiatan pelepasan kontingen oleh ibu Bupati Demak bertempat di pendopo Kabupaten Demak tanggal 19 April 2024
3. Pelaksanaan Pembukaan kegiatan POPDA Karesidenan Semarang di GOR kalijaga Demak pada tanggal 21 April 2024
4. Pertandingan dalam pelaksanaan POPDA Karesidenan Semarang yang dilaksanakan di Kabupaten Demak akan berlangsung mulai hari Senin-Sabtu (22-27 April 2024) dengan mempertandingkan 9 cabor (sepak bola, sepak takraw, bola basket, bola voli indoor, bola voli pasir, karate, pencak silat, taekwondo, dan bulutangkis)
5. Melaksanakan koordinasi dengan koordinator para wasit-juri terkait apa saja kebutuhan untuk masing-masing pengkab cabor saat pelaksanaan pertandingan berlangsung.
6. Tamu yg di undang yakni 1 koordinator pemimpin Tekhnikal Meeting dan 1 koordinator wasit-juri/panitia pelaksana.

 

HALAL BIHALAL BUPATI BERSAMA PEGAWAI DILINGKUNGAN PEMKAB DEMAK.

Bupati Demak didampingi Wakil Bupati Demak beserta jajaran Kepala OPD, menggelar acara Open House Halal bi Halal Bersama seluruh Pegawai di Lingkungan Pemkab.Demak pada hari pertama masuk kerja, Selasa (16/04/2024) di Pendopo Satya Bhakti Praja.
Momen Halal Bihalal ini penting karena sudah menjadi Tradisi yang ada di Demak dimana kegiatan ini bertujuan untuk melebur ragam tindak tanduk buruk yang lalu, serta memperteguh Cita dan Karsa untuk mewujudkan Demak Bermartabat Maju dan Sejahtera.

 

HALAL BIHALAL PEGAWAI DINPORA DEMAK

Hari Raya Idul Fitri biasanya dirayakan dengan rangkaian acara yang beragam, mulai dari sholat Idul Fitri hingga halal bihalal. Halal bihalal merupakan tradisi yang dilakukan sesudah hari lebaran, dan dilakukan dengan saling berkunjung ke rumah keluarga, kerabat, atau teman untuk bersilaturahmi dan bermaaf- maafan. Seperti halnya Pegawai di lingkungan Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Demak yang melaksanakan Halal Bihalal hari ini.(16/04/24).
Kegiatan ini dilakukan setelah apel pagi dengan bersalam salaman antara pegawai satu dengan pegawai lainnya dengan tujuan agar keluarga Besar Dinpora dapat mempererat tali silaturahmi dan kembali suci dengan saling maaf memaafkan.

DINPORA DEMAK MELAKSANAKAN APEL PERTAMA SETELAH CUTI LEBARAN, NYARIS TAK ADA PEGAWAI YANG ABSEN.

Pegawai Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Demak melakukan apel pertama kali Pasca Cuti Lebaran (16/04/24). Setelah Cuti lebaran yang berlangsung mulai Hari Senin tanggal 8 April 2024 s.d Senin, 15 April 2024, seluruh Pegawai Pemerintah Kabupaten Demak termasuk dari Dinpora, harus melaksanakan Kewajiban dan aktifitas rutin bekerja seperti biasanya yaitu melaksanakan tugas dan Fungsi sesuai dengan aturan yang berlaku. Apel pagi yang di pimpin oleh Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Demak Muh.Ridhodhin, SH.,MH ini diikuti oleh seluruh Pegawai Dinpora Demak meskipun ada 2 Pegawai yang tidak hadir dikarenakan Sakit. Kepala Dinas menyampaikan terima kasih.