TES PEMANDUAN BAKAT DAN MINAT OLAHRAGA HARI KE-2

19/11/2020

Sobat Pemuda dan Olahraga,

Dinas Kepemudaan dan Olahraga khususnya Bidang Pembinaan Olahraga kembali menggelar pelaksanaan Tes Pemanduan Bakat dan Minat Olahraga hari ke-2 pada Hari Kamis, tanggal 19 November 2020 bertempat di Gor Betokan Kecamatan Demak. acara diikuti 400 peserta usia 11-15 tahun yang menjadi 2 kelompok dengan peserta hari ke-2 sejumlah 200 peserta dibagi menjadi 3 sesi dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. Kemenpora RI berupaya menjaring bakat olahraga dari anak-anak berpotensi dengan berkoordinasi dengan Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Demak untuk mencari bibit yang nantinya akan dibina menjadi atlet sehingga berprestasi, tak hanya di Nasional bahkan Internasional.

Peserta yang akan melaksanakan tes pemanduan bakat wajib memakai masker, terlebih dahulu mencuci tangan yang disediakan oleh panitia, kemudian memakai handsanitizer sebelum mengisi daftar hadir, peserta diberikan formulir data diri dan kaos untuk dipakai saat tes dan tetap menjaga jarak saat menjalankan tes pemanduan bakat. Ada 10 item test untuk mengetahui data keberbakatan siswa di bidang Olahraga meliputi : Tinggi Badan, Berat Badan, Tinggi Duduk, Rentang Tangan, Loncat Tegak, dan Lempar Tangkap Bola Tenis. Selain itu ada pula Lempar Bola Basket, Sprint 40 Meter, Lari Kelincahan Lima Meter, serta Test Ketahanan Multi Level.

Pada kondisi normal pemanduan bakat olahraga oleh Kemenpora RI digelar di 20 titik Kabupaten/Kota se-Indonesia, namun di masa pandemi corona ada pembatasan untuk pelaksanaan pemanduan bakat olahraga dan hanya ada Tujuh Daerah yang ditunjuk atau ketempatan khususnya Jawa Tengah ada dua tempat yakni Kota Salatiga dan Kabupaten Demak. Sisanya Kendari, Bau-bau, Kabupaten Sula Sulawesi Tenggara, serta Kabupaten Dompu Bengkulu.

#Pemuda Maju
#OlahragaJaya
#DinporaJosss

 

Bidang Pembinaan Olahraga